Berikut ini adalah penjelasan mengenai beberapa kolaborasi arsitektur sisi client dan sisi server :
1) Arsitektur
Single- Tier
Definisi
satu-tier arsitektur, seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini, adalah
bahwa semua komponen produksi dari sistem dijalankan pada komputer yang sama.
Ini adalah sederhana dan paling mahal alternatif. Ada kurang perlengkapan untuk
membeli dan mempertahankan. Kelemahan dari jenis ini pelaksanaan keamanan lebih
rendah dan kurangnya skalabilitas. Sebuah arsitektur skalabel ketika dapat
dengan mudah diperluas atau ditambah untuk memenuhi kebutuhan peningkatan
kinerja.
Contoh
(Arsitektir Single Tier)
2) Arsitektur Two-tier
Dalam dua
lapis klien / server arsitektur, antarmuka pengguna pengguna ditempatkan di lingkungan
desktop dan sistem manajemen database jasa biasanya dalam sebuah server yang
lebih kuat merupakan mesin yang menyediakan layanan bagi banyak klien.
Pengolahan informasi dibagi antara sistem user interface lingkungan dan
lingkungan server manajemen database. Manajemen database server mendukung untuk
disimpan prosedur dan pemicu.. Vendor perangkat lunak menyediakan alat-alat
untuk menyederhanakan pengembangan aplikasi untuk dua lapis klien / server
arsitektur.
Contoh
(Arsitektir Two Tier)
3) Arsitektur Three-tier
Arsitektur
Three-Tier diperkenalkan untuk mengatasi kelemahan dari arsitektur two-tier. Di
tiga tingkatan arsitektur, sebuah middleware digunakan antara sistem user
interface lingkungan klien dan server manajemen database lingkungan. Middleware
ini diimplementasikan dalam berbagai cara seperti pengolahan transaksi monitor,
pesan server atau aplikasi server. The middleware menjalankan fungsi dari
antrian, eksekusi aplikasi dan database pementasan. Di samping itu middleware
menambahkan penjadwalan dan prioritas untuk bekerja di kemajuan. Three-tier
klien / server arsitektur digunakan untuk meningkatkan performa untuk jumlah
pengguna yang besar dan juga meningkatkan fleksibilitas ketika dibandingkan
dengan pendekatan dua tingkat. Kekurangan dari tiga tingkatan arsitektur adalah
bahwa lingkungan pengembangan lebih sulit untuk digunakan daripada pengembangan
aplikasi dari dua lapis.
Contoh
(Arsitektir Three Tier)
1. Three tier dengan pesan server
Pada
arsitektur ini, pesan akan diproses dan diprioritaskan asynchronously. Header
pesan memiliki prioritas yang mencakup informasi, alamat dan nomor
identifikasi. Server pesan link ke relasional DBMS dan sumber data lainnya. .
Pesan sistem alternatif untuk infrastruktur nirkabel.
2. Three tier dengan server aplikasi
Arsitektur ini
memungkinkan tubuh utama untuk menjalankan sebuah aplikasi pada tuan rumah
bersama bukan di sistem user interface lingkungan klien. Server aplikasi logika
bisnis saham, perhitungan dan pengambilan data mesin. . Dalam aplikasi
arsitektur ini lebih terukur dan biaya instalasi kurang pada satu server
dibandingkan mempertahankan masing-masing pada klien desktop.
sumber :
http://xp-room.blogspot.com/2011/09/kolaborasi-arsitektur-client-server.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar